Lokakarya Memahami Operasi Psikologi Upaya Peningkatan Kualitas Komponen Pertahanan

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pertahanan dalam hal ini Direktorat SDM Ditjen Kekuatan Pertahanan Kemhan, Rabu (30/11) melaksanakan Lokakarya Pembinaan SDM Pertahanan dengan pendekatan dan aktivitas psikologis dalam peningkatan kualitas komponen pertahanan di kompleks PMPP IPSC Sentul Bogor.

Lokakarya yang secara resmi dibuka oleh Dir. SDM Ditjen Kuathan Kemhan Brigjen TNI Sumardi diikuti oleh personel TNI yang berasal dari Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan, dan Satuan TNI lainnya. Lokakarya yang mengambil tema “Memahami Operasi Psikologi (Psyops) Sebagai Bagian Operasi Teritotial Saat Damai dan Konflik” ini berlangsung selama dua hari sampai dengan Kamis, 1 Desember 2016. 

Lokakarya yang menghadirkan pembicara dari Himpsi-Jaya ini memberikan paparan mengenai Jebakan dalam Berpikir, Berpikir Secara Sistem, Resolusi Konflik, Peta Konflik dan Analisa Psikologis, Proses Psyops dan Tujuh Tahap Psyops di Lapangan. Lokakarya ini mengajak para peserta untuk berdiskusi dan mempelajari bersama beberapa studi kasus tentang psyops. Pembicara utama dalam Lokakarya ini adalah Dr A. Malik Gismar.

Lokakarya ini diharapkan dapat memberikan pengenalan kepada SDM Pertahanan mengenai pendekatan psikologis sehingga meningkatkan kemampuan dan ketrampilan operasi kepada prajurit TNI. Lokakarya ini juga diharapkan dapat menghasilkan kajian-kajian strategik dalam pendekatan dan aktivitas psikologis di lingkungan TNI khususnya terhadap komponen pertahanan. Diharapkan dari lokakarya ini dapat dihasilkan rekomendasi kenijakan tentang pemanfaatan metode dan teknik psikologis dalam operasi militer. Lokakarya juga diharapkan dapat menghasilkan metode terapan dan teknik-teknik psikologi untuk membangun ketrampilan prajurit dalam operasi militer.(p/ab)